RAMDHAN ARRINAL HAQ MUFIIDAH, 205030110 (2024) PENERAPAN METODE AMATI, PETAKAN, INFORMASIKAN DAN KEMBANGKAN (APIK) BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEEL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, untuk mengkaji kemampuan peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung, untuk menguji keefektifan penerapan metode APIK berbantuan media spinning wheel, untuk menguji perbedaan signifikan kemampuan dalam menulis teks laporan hasil observasi yang menggunakan metode APIK berbantuan media spinning wheel. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan faktor kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung yakni peserta didik mengalami kesulitan menuangkan ide dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini juga memengaruhi kemampuan peserta didik dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi. Berdasarkan hal tersebut, penulis membuat penelitian ini untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan keefektifan metode APIK berbantuan media spinning wheel dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata pretest sebesar 73,50 dan postest sebesar 81,00. Berdasarkan perhitungan statistic dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa metode APIK berbantuan media spinning wheel ekeftif digunakan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Metode Amati, Petakan, Informasikan dan Kembangkan (APIK), Teks Laporan Hasil Observasi, Spinning Wheel
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 05:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 05:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70958 |
Actions (login required)
View Item |