IRNAWATI, 115060026 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJRAN IPS MATERI PENINGGLAN SEJARAH DI LINGKUNGAN SETEMPAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER IRNA.docx Download (38kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSMBAHAN BARU.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR,UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
BAB IV IRNA BARU.docx Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB V IRNA BARU.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV masih banyak yang merasa kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang kurang memuaskan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan dan pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning materi Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemebelajaran IPS di Sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang mempunyai karakteristik pendiam ketika pembelajaran berlangsung terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Data hasil observasi yang terdiri dari hasil observasi kinerja guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam pembeljaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Tenik pengolahan data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan seluruh rangkaian penelitian mulai dari perencanaan sampai tahap refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai RPP, lembar untuk menilai kegiatan guru pada waktu mengajar, lembar observasi untuk menilai kegiatan belajar siswa selama KBM berlangsungserta untuk mengukur hasil tes belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning menjadi meningkat. Dilihat dari siklus I sampai denagan siklus II, dengan presentase nilai siklus I mencapai rata-rata (57,14%) dan pada silkus II melebihi target yang telah di tentukan (90,47%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berhasil ditingkatkan. Kata kunci : Contextual Teaching And Learning dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 14:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 14:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7094 |
Actions (login required)
View Item |