Maraditha, Yunira, 205030068 (2024) PENERAPAN LKPD DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI WIZER.ME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA FASE E DI SMA PGRI 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis teks negosiasi. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama selain itu peserta didik juga kurang bisa menuangkan idenya. Serta kurangnya penggunaan LKPD interaktif yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu LKPD Interaktif digital yang bisa dipakai adalah Wizer.me bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks negosiasi dengan penerapan LKPD Digital menggunakan model Problem Based Learning. Adapun Orientasi pada penelitian ini yaitu berfokus pada kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Bandung, diantaranya kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 54 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 94. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 70 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 90. Dilihat dari data nilai rata- rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas eksperimen lebih mampu menulis teks negosiasi dengan penerapan LKPD Digital Wizer.me melalui model problem based learning. Selain itu, melalui penggunaan LKPD Digital melalui model pembelajaran problem based learning juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penilaian yang menghasilkan kategori A (Baik Sekali) pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Menulis, Problem Based Learning, Teks Negosiasi, Wizer.me.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 06:19 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70898 |
Actions (login required)
View Item |