DZALFA RAHMAH REFANI, 205030035 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERORIENTASI PADA PENOKOHAN DAN PLOT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE F SMA NEGERI 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_PENGUJI.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis teks cerpen. Adapun salah satu faktoryang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama selain itu peserta didik juga kurang bisa menuangkan idenya. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model discovery learning bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerpen dengan penerapan model Discovery Learning. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang datayang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung, diantaranya kelas XI-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-10 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebsesar 58,85 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 84,00 dengan persentase kenaikan sebesar 37,4%. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 57,70 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 70,90 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 30%. Kata kunci: Cerpen, Eksperimen, Discovery Learning, Penokohan, Plot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70717 |
Actions (login required)
View Item |