PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERORIENTASI PADA PENOKOHAN DAN PLOT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE F SMA NEGERI 12 BANDUNG

DZALFA RAHMAH REFANI, 205030035 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERORIENTASI PADA PENOKOHAN DAN PLOT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE F SMA NEGERI 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_PENGUJI.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis teks cerpen. Adapun salah satu faktoryang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama selain itu peserta didik juga kurang bisa menuangkan idenya. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model discovery learning bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerpen dengan penerapan model Discovery Learning. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang datayang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung, diantaranya kelas XI-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-10 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebsesar 58,85 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 84,00 dengan persentase kenaikan sebesar 37,4%. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 57,70 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 70,90 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 30%. Kata kunci: Cerpen, Eksperimen, Discovery Learning, Penokohan, Plot

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:42
Last Modified: 27 Sep 2024 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70717

Actions (login required)

View Item View Item