HANDAYANI NURUL AINI, 205060053 (2024) PENGARUH MODEL QUANTUM WRITING BERBANTUAN MEDIA POCKET CHART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen Kelas 2 di SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Menulis adalah tahapan proses di mana peserta didik sekolah dasar kelas awal belajar untuk menguasai keterampilan menulis, menguasai teknik membaca, dan menangkap isi dengan baik. Tidak mengherankan bahwa, dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya, pembelajaran menulis merupakan komponen paling penting dari kurikulum Bahasa Indonesia dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Meskipun demikian, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa SD masih rendah. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak menarik dan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, yang membuat siswa jenuh dan bosan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN Inpres Cikahuripan, penulis mendapatkan hasil studi peserta didik kelas II terhadap keterampilan menulis permulaan peserta didik yang masih tergolong rendah, dibuktikan dengan adanya hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang sudah dilaksanakan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efek dari penggunaan model pembelajaran Quantum Writing berbantuan media Pocket Chart untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik kelas II di SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen quasi eksperimen non equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 22 peserta didik kelas II A (eksperimen) dan 22 peserta didik kelas II B (kontrol) di SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat. Kelas II A menerima perlakuan berupa model pembelajaran Quantum Writing berbantuan media Pocket Chart, sedangkan untuk kelas II B hanya menggunakan pembelajaran seperti biasa. Data dikumpulkan melalui hasil pretest, posttest dan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan menggunakan uji gain ternormalisasi dengan nilai indeks gain sebesar 0,3824%. Selain melalui uji gain ternormalisasi, pengaruh signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dengan menggunakan uji effect size dengan nilai sebesar 1,087. Kesimpulannya terdapat peningkatan dan pengaruh yang signifikan pada keterampilan menulis permulaan peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum Writing berbantuan media Pocket Chart dan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Quantum Writing, Pocket Chart, Keterampilan Menulis Permulaan, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70646 |
Actions (login required)
View Item |