PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmawati Nidia Tri, 205060158 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif dan pemahaman peserta didik di SDN 210 Babakan Sinyar khususnya pada kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep soal cerita siswa Sekolah Dasar SDN 210 Babakan Sinyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen tipe nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas III A (eksperimen) dan 24 peserta didik kelas III B (kontrol) SDN 210 Babakan Sinyar. Perlakuan yang diberikan kepada kelas III A (eksperimen) adalah model Problem Based Learning (PBL) dan perlakuan yang diberikan kepada kelas III B (kontrol) model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest dan posttest, lembar observasi, wawancara. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji independen sample t-test, uji effect size, uji n-gain. Berdasarkan hasil pada penelitian ini rata-rata nilai hasil posttest eksperimen 86.70 dan kelas kontrol 72.10 bahwa terdapat pengaruh hasil uji independen sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan terdapat peningkatan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terlihat dari hasil uji n-gain score sebesar 0,6 pada kelas eksperimen dan 0,4 pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Serta terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning (PBL), Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:43
Last Modified: 26 Sep 2024 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70639

Actions (login required)

View Item View Item