Rahmawati Nidia Tri, 205060158 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif dan pemahaman peserta didik di SDN 210 Babakan Sinyar khususnya pada kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep soal cerita siswa Sekolah Dasar SDN 210 Babakan Sinyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen tipe nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas III A (eksperimen) dan 24 peserta didik kelas III B (kontrol) SDN 210 Babakan Sinyar. Perlakuan yang diberikan kepada kelas III A (eksperimen) adalah model Problem Based Learning (PBL) dan perlakuan yang diberikan kepada kelas III B (kontrol) model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest dan posttest, lembar observasi, wawancara. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji independen sample t-test, uji effect size, uji n-gain. Berdasarkan hasil pada penelitian ini rata-rata nilai hasil posttest eksperimen 86.70 dan kelas kontrol 72.10 bahwa terdapat pengaruh hasil uji independen sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan terdapat peningkatan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terlihat dari hasil uji n-gain score sebesar 0,6 pada kelas eksperimen dan 0,4 pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Serta terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning (PBL), Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:43 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70639 |
Actions (login required)
View Item |