Lestari Tri Assyfa, 205060159 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif dan pemahaman siswa di SD Negeri 210 Babakan Sinyar, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dan konvensional. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL). Untuk mengetahui peningkatan pengaruh model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen tipe kuasi eksperimen tipe non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas IV C (eksperimen) dan 23 peserta didik kelas IV B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest, lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji effect size, dan uji N Gain. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari hasil uji Effect Size yaitu sebesar 1,868 yang berarti berpengaruh kuat model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, terdapat peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji N Gain score sebesar 0,6 pada kelas eksperimen dan 0,5 pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Selain itu, terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Serta terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70637 |
Actions (login required)
View Item |