PENERAPAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK BERORIENTASI KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM KETERAMPILAN MENULIS DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG

Armiyanti Shahieza, 205030026 (2024) PENERAPAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK BERORIENTASI KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM KETERAMPILAN MENULIS DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi teks cerita pendek. Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasieksperimental Pretest -Posttest group design. Sampel penulisan ini adalah 72 peserta didik kelas X yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran teks cerita pendek menggunakan model PWIM, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran teks cerita pendek dengan model pembelajaran ARCS. Hasil penulisan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PWIM kurang efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi teks cerita pendek. Penerapan model pembelajaran PWIM dalam pembelajaran teks cerita pendek memiliki beberapa kelebihan, yaitu: (1) meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik, (2) membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, (3) melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik, (4) meningkatkan hasil belajar peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bagi pendidik untuk menggunakan model pembelajaran PWIM dalam pembelajaran teks cerita pendek. Model pembelajaran ini dapat membantu pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Teks Cerpen, PWIM

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:46
Last Modified: 25 Sep 2024 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70593

Actions (login required)

View Item View Item