Mayasari Diyan, 205060163 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas IV di SDN Ciptawinaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (857kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat permasalahan sekolah yang belum menerapkan pembelajaran yang inovatif, terkadang guru masih menggunakan cara belajar yang tradisional, hanya terpaku pada model tertentu. Hasil belajar siswa masih rendah terdapat faktor pada guru yang masih terpaku pada buku yang menyebabkan siswa kurang memahami konsep yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di sekolah dasar antara kelas cooperative learning dan yang diberikan perlakuan model problem based learning pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini siswa kelas terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperiment dan desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes pre-test dan posttest dan lembar aktivitas observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan sebelum dan sesudah kelas yang diberikan perlakuan yaitu menggunakan model problem based learning. Pada nilai pre-test memperoleh rata-rata sebesar 48,27 sedangkan pada nilai posttest memperoleh rata-rata 84,58 hal ini terlihat uji independent t test menghasilkan nilai signifikasi dasebasar 0,001. Dari perhitungan effect size memperoleh nilai 1,85 (pengaruh tinggi) hal ini berarti model problem based learning memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Ciptawinaya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:12 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70584 |
Actions (login required)
View Item |