PENERAPAN TEKNIK PASANG KATA BERBANTUAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI GAYA BAHASA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL FALAH BANDUNG

Afredima Khoirunnisa, 205030053 (2024) PENERAPAN TEKNIK PASANG KATA BERBANTUAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI GAYA BAHASA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL FALAH BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian pembelajaran menulis puisi ini berawal dari masalah yang mengungkapkan bahwa peserta didik kesulitan menuangkan ide serta gagasan menjadi sebuah teks tertulis yang berbentuk puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan penulis dalam merencang, merencankan, dan menilai pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik pasang kata berbantuan aplikasi macromedia flash, 2) kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sebelum diterapkan teknik pasang kata berbantuan aplikasi macromedia flash, 3) kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sesudah diterapkan teknik pasang kata berbantuan aplikasi macromedia flash, 4) perbedaan kemampuan menulis puisi pada kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah observasi, teknik telaah pustaka, teknik uji coba, teknik tes, dan teknik analisis. Berdasarkan hasil penelitian yaitu, diketahui penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis puisi berorientasi gaya bahasa. Nilai yang didapatkan penulis pada perencanaan pembelajaran yaitu 4,0 untuk di kelas kontrol dan eksperimen sedangkan penilaian pelaksanaan penulis mendapatkan nilai 3,75 di kelas eskperimen dan 3,8 di kelas kontrol nilai tersebut mendapat kategori A (baik sekali). Selanjutnya, sebelum peserta didik diterapkan teknik pasang kata berbantuan aplikasi macromedia flash peserta didik belum mampu menulis puisi berorientasi gaya bahasa hal itu dibuktikan dari hasil pretest peserta didik bahwa peserta didik masih memiliki nilai di bawah rata-rata yaitu 37,90, dan setelah diterapkan teknik pasang kata berbantuan aplikasi macromedia flash peserta didik mampu menulis puisi berorientasi gaya bahasa dilihat dari hasil posttest peserta didik bahwa peserta didik memiliki nilai rata-rata 84,95. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji wilcoxon maka didapatkan nilai Asymp. Sig. Sebesar 000. Nilai tersebut < 0,05 yang merupakan kriteria pengambilan keputusan uji wilcoxon. Maka dari hasil tersebut terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menulis puisi berorientasi gaya bahasa menggunakan teknik pasang kata berbantuan aplikasi macromedia flash dengan di kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Kata kunci: menulis, teks puisi, macromedia flash, teknik pasang kata, gaya bahasa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:48
Last Modified: 25 Sep 2024 03:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70563

Actions (login required)

View Item View Item