IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (STUDI KASUS DI SMPN 1 WANAYASA)

Dani Akbar Wijaya, Ahmad (2024) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (STUDI KASUS DI SMPN 1 WANAYASA). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal_Ahmad Dani Akbar Wijaya_MPBSI (1).docx

Download (81kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi diferensiasi konten guna meningkatkan kemampuan memahami unsur pembangun puisi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Wanayasa. Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam memahami unsur-unsur puisi, rendahnya kemampuan berpikir kritis, kurang efektifnya metode pembelajaran ceramah, dan belum optimalnya penerapan diferensiasi pembelajaran. Penelitian ini mencoba memberikan solusi dengan menggunakan PBL yang difokuskan pada diferensiasi konten sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi PBL dengan diferensiasi konten dalam memahami unsur puisi, (2) membandingkan peningkatan pemahaman puisi antara siswa yang mengikuti PBL dengan yang menggunakan metode ceramah, (3) membandingkan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kedua kelompok tersebut, dan (4) mengukur dampak PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan pemahaman unsur puisi dan kemampuan berpikir kritis yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen meningkat dari 64 menjadi 85 dalam pemahaman puisi, sementara kelompok kontrol hanya meningkat dari 44 menjadi 69. Kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen juga meningkat lebih tinggi, dari 1,78 menjadi 3,58. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL berorientasi diferensiasi konten efektif dalam meningkatkan pemahaman puisi dan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), diferensiasi konten, unsur pembangun puisi, berpikir kritis, kuasi eksperimen

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:21
Last Modified: 24 Sep 2024 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70523

Actions (login required)

View Item View Item