Prakoso Bima, 185030017 (2024) ANALISIS STRUKTURAL PADA NOVEL MAX HAVELAAR KARYA MULTATULI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA/K BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari struktur intrinsik yang terdapat di dalam novel yang berjudul Max Havelaar karya Multatuli dengan menganalisis dan memanfaatkan hasil analisis tersebut menjadi salah satu alternatif penyusunan bahan ajar peserta didik kelas XI SMA/K. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang mendeksriptifkan hasil analisisnya secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu buku novel Max Havelaar karya Multatuli dan beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil analisis ini yaitu mengandung tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang dan tema. Secara rinci, unsur instrinsik yang terdapat pada novel Max Havelaar karya multatuli ini mempunyai tujuh tokoh, dua sebagai tokoh utama dan lima sebagai tokoh pendukung. Tiga latar yaitu latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Memiliki plot maju dan mundur, mulai dari orientasi, pengenalan konflik, konflik, anti klimaks dan penutup. Sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Memiliki tema penderitaan pribumi dan perjuangan seorang Belanda yang iba melihat penderitaan pribumi dan ingin membantu memperoleh kemerdekaan. Hasil analisis ini selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI). Selain itu, disesuaikan dengan kriteria bahan ajar yang dinilai berdasarkan aspek bahasa, psikologi peserta didik, dan keterbacaan. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar dalam bentuk LKPD yang digunakan oleh peserta didik kelas XI SMA/K dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai Teks Novel. Kata Kunci: Analisis, struktur intrinsik, novel, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70454 |
Actions (login required)
View Item |