PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Coblong Kota Bandung)

Widhiahamidah, Fitriandini, 205060184 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Coblong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS dapat dilihat dari kurangnya bereksplorasi melakukan kegiatan sesuai dengan karakternya dan menentukan sendiri masalah hingga memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media flashcard terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dan Design berupa Quasi Eksperimen Semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yaitu pretest posttest dan non tes yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Pretest posttest untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan berpikir kritis, sedangkan observasi untuk melihat proses pembelajaran pendidik dan peserta didik apakah pendidik sudah menerapkan model Problem based learning dan apakah berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji N gain. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test yaitu hasil Sig. posttest (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan media flashcard. Kata Kunci: problem based learning, flashcard, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:43
Last Modified: 20 Sep 2024 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70394

Actions (login required)

View Item View Item