IRA HERAWATI, 115060246 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 KERTAYASA KABUPATEN PANGANDARAN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI FUNGSI ORGAN PERNAFASAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (206kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
Motto dan Persembahan.doc Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (18kB) |
|
Text
Abstrak Translate.docx Download (19kB) |
|
Text
Kata Pengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
Ucapan Terima Kasih.doc Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I LANJUTAN.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB II LANJUTAN.docx Download (185kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
BAB III LANJUTAN.docx Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAB IV .docx Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
Bab V Lanjutan.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (35kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.doc Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Kertayasa Kabupaten Pangandaran dalam pembelajaran IPA pada materi fungsi organ pernafasan hewan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Kertayasa Kabupaten Pangandaran, dengan jumlah 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I sebesar 71%, siklus II sebesar 76% dan siklus III sebesar 86%. Sementara pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 76%, siklus II sebesar 81% dan siklus III sebesar 85%. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik ditunjukan dari hasil kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil kognitif peserta didik pada siklus I sebesar 45%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 90%. Hasil afektif peserta didik pada siklus I sebesar 41%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 86%. Hasil psikomotor peserta didik pada siklus I sebesar 45%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 95%. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan, pada siklus I mencapai persentase kelas sebesar 41%, siklus II sebesar 73% dan siklus III sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Kertayasa Kabupaten Pangandaran dalam pembelajaran IPA pada materi fungsi organ pernafasan hewan, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA dan dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan model problem based learning karena dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA dan Fungsi Organ Pernafasan Hewan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 12:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 12:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7026 |
Actions (login required)
View Item |