Seliana Anis, 205060061 (2024) PEN GGU N A A N MOD EL CO N TEXTU AL TEACHI N G AND LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 174 Pasir Impun, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang diperlukan dimasa sekarang ini harus adanya sebuah pengembangan berbantuan teknologi yang relevan dan tidak hanya berfokus pada buku atau guru saja. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan literasi sains dengan menggunakan model contextual teaching And learning berbantuan canva siswa kelas IV sekolah dasar dan Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan model contextual teaching and learning berbantuan canva berpengaruh terhadap literasi sains siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe pre-eksperimental dengan desain One group pretest - posttest. Populasi penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV C SDN 174 Pasir Impun. Perlakuan yang diberikan kepada kelas IVC (eksperimen) adalah model contextual teaching and learning berbantuan canva. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest dan posttest. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Paired Sample t Test. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dan pengaruh antara sebelum dan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning berbantuan canva. Hal ini terlihat dari hasil uji Paired Sample t Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning berbantuan canva. Serta terdapat pengaruh yang signifikan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning berbantuan canva. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Canva, Literasi Sains
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:41 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70154 |
Actions (login required)
View Item |