PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS V SDN 020 LENGKONG BESAR

Putri, Sharen Regina,205060175 (2024) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS V SDN 020 LENGKONG BESAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui media audio visual dalam pembelajaran IPAS pada materi bentuk permukaan bumi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN 020 Lengkong Besar yang memiliki pemahaman konsep yang rendah, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa dalam mata pelajar IPAS, hal tersebut dikarenakan guru jarang memakai media pembelajaran untuk pemahaman konsep siswanya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kuasi Eksperimen dengan menggunakan metode kuasi eksperimen, peneliti harus memberikan perlakuan dan meneliti perubahan dari perlakuan yang sudah diberikan. Sistematika penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan analisis dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan di 2 kelas. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berbeda, yaitu dengan penggunaan media pembelajaran audio visual, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media, atau pembelajaran menggunakan metode seperti biasanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui pemahaman konsep siswa melalui hasil pretest dan posttest, dan teknik non tes yaitu observasi aktivitas guru ketika mengajar, dan observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat mempengaruhi pemahaman konsep siswa Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest dan posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas eksperimen rata – rata nilai siswa sebelum diberikan perlakuan yaitu sebesar 51, setelah diberikan perlakuan rata – rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 72,82. Sementara itu, rata – rata pretest pada kelas kontrol yaitu sebesar 54,94, setelah melakukan proses pembelajaran, rata – rata hasil posttest kelas kontrol yaitu sebesar 72,22. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan penggunaan media audio visual dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS. Kata kunci: Media Audio Visual, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2024 07:13
Last Modified: 14 Sep 2024 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70128

Actions (login required)

View Item View Item