PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 113 BANJARSARI (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 113 Banjarsari Bandung)

Anastuti Meira, 205060122 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 113 BANJARSARI (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 113 Banjarsari Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar melalui model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon dalam pembelajaran IPAS pada topik norma dalam adat istiadat daerahku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 113 Banjarsari. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 113 Banjarsari yang rendah dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon jarang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon dapat mempengaruhi kemampuan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sampel t-test dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPAS peserta didik pada data pretest dan posttest. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon sangat menunjang terhadap pengaruh kemampuan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Maka, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPAS. Kata kunci: hasil belajar, Problem Based Learning, Powtoon

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2024 06:21
Last Modified: 14 Sep 2024 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70127

Actions (login required)

View Item View Item