PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA

Syamsiyyah Putri Millatus, 205060094 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran dalam kelas penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, khusus nya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Kemampuan berpikir kritis yang rendah dapat menghambat proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN Cikendung menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Model Discovery Learning mengajak peserta didik aktif dan mandiri dalam menemukan konsep pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh melalui pengumpulan data yang di ambil dari penelitian langsung di SDN Cikendung kelas IV. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh oleh penulis diketahui gain score pada kelas eksperimen menunjukan nilai sebesar 0,6 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 0,3 dari data tersebut dapat dilihat bahwa terdapat dua hal utama yaitu (1) respon peserta didik meningkat secara signifikan setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran IPAS, hal ini terlihat dari semangat peserta didik yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran di kelas, (2) model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang tercermin pada peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV. Secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi perubahan sifat benda menunjukan hasil yang sangat memuaskan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, Pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:09
Last Modified: 13 Sep 2024 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70099

Actions (login required)

View Item View Item