KHAIRANI, NABILAH,205060037 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (882kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning melalui media flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilakukan dengan jenis kuasi eksperimen di kelas V SDN Cibadak 01 yang dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik yang kurang aktif serta kemampuan berpikir kritis rendah dan hasil belajar yang kurang. Karena antusias belajar yang rendah serta kurangnya keterampilan siswa dalam mengelola informasi dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Maka diperlukan pembelajaran yang menuntut pengembangan berpikir kritis sesuai dengan karakteristik belajar siswa. Sehingga penerapan model PBL yang diintegrasikan dengan media flipbook dapat mendorong berpikir kritis dan antusias belajar peserta didik. Pembelajaran menggunakan PBL melalui media flipbook terdiri dari 5 tahap yaitu: 1. orientasi masalah, 2. mengorganisasikan siswa, 3. membimbing penyelidikan, 4. menyajikan hasil kegiatan, 5. evaluasi pemecahan masalah. Adapun desain penelitian menggunakan non-equivalent control group melalui perbandingan dua kelas antara kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL melalui media flipbook memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis yang terlihat dari perbedaan rata-rata pretest di kelas VA = 45 dan rata-rata postest = 70,5. Sedangkan rata-rata pretest di kelas VB = 49,4 dan nilai postest = 85. Kemudian diperoleh besarnya pengaruh yang diberikan = 0,82 dengan interpretasi besar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model PBL melalui media flipbook memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V. Dengan demikian, penggunaan model PBL melalui media flipbook dapat diterapkan pada pembelajaran IPA khususnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: problem based learning, flipbook, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:16 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70086 |
Actions (login required)
View Item |