PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Pertumbuhan Ekonomi Kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

Imran, Al, 205020017 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Pertumbuhan Ekonomi Kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebelum dan sesuadah penerapan model serta mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Self Directed Lerning terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Kartika XIX-1 Bandung, tahun ajaran 2023/2024 terdiri dari kelas XI MIPA 5 dan XI IPS 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretes dan posttes serta dokumentasi untuk menjawab permasalahan tersebut dengan menggunakan studi kuasi eksperimen. Variable penelitian ini terdiri variable independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran Self Directd Learning (X) dan variable dependen (terikat) yaitu hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana hasil posttest kelas eksperimen yaitu 78,79% dan hasil posttes kelas kontrol 64,12%. Meningkatnya hasil belajar peserta didik pengujian hipotesis (uji-t) posttes dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikasi sebesar 0,00 atau 0,05 yang artinya hipotesis model pembelajaran Self Directed Learning (X) pada mata pelajaran pertumbuhan ekonomi positif terhadap hasil belajar (Y) pada peserta didik kelas XI tahun ajaran 2023/2024 di SMA Kartika XIX-1 Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:34
Last Modified: 17 Sep 2024 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70031

Actions (login required)

View Item View Item