PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ

NURYANTI GINA FEBI, 205050008 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal penting dari kemampuan kognitif peserta didik dan self-confidence merupakan kemampuan afektif yang menunjang keberhasilan belajar matematika. Akan tetapi, kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence peserta didik masih tergolong rendah, beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep matematis. Penerapan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan selfconfidence peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Mengetahui self-confidence peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 4) Mengetahui adanya korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence peserta didik yang memperoleh model ProblemBased Learning berbantuan Quizizz. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 56 Bandung. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes yang mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis dan instrumen non tes berupa angket self-confidence. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Leaning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Leaning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. 3) Self-confidence peserta didik yang memperoleh model ProblemBased Leaning berbantuan Quizizz lebih baik daripada dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa. 4) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Leaning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-confidence, Model Problem-Based Learning, Quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:54
Last Modified: 13 Sep 2024 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70012

Actions (login required)

View Item View Item