MARTADIKA WELDI, 205060010 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 127 Sekeloa Kecamatan Coblong). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ialah masih rendahnya kemampuan literasi matematis siswa di SDN 127 Sekeloa, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaranya. Pembelajaran yang diperlukan dimasa sekarang ini harus adanya sebuah pengembangan berbantuan teknologi yang relevan dan tidak hanya berpatok pada buku atau guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Basaed Learning berbantuan berbantuan quizizz terhadap kemampuan literasi matematis siswa SDN 127 Sekeloa. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimental tipe non equivalent control grup design. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV A (eksperimen) dan 20 siswa kelas IV B (kontrol) SDN 127 Sekeloa. Perlakuan yang diberikan kepada kelas IV A (eksperimen) adalah model Problem Based Learning berbantuan quizizz dan perlakuan yang diberikan kepada kelas IV B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji MannWhitney. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dan pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini terlihat dari hasil uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, hasil uji N-Gain kelas eksperimen 55%, dan Uji Effect Size sebesar 1.91 dengan kategori besar. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan quizizz. Serta terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan quizizz. Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Quizizz, Literasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69848 |
Actions (login required)
View Item |