BAURAN PROMOSI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN GARUT (STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI SANTOLO)

Lesmana, Indra (2024) BAURAN PROMOSI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN GARUT (STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI SANTOLO). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
12. BAB 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi yang terus berkembang, dan memberikan kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pantai Santolo merupakan wisata di Garut yang saat ini mengalami penurunan pengunjung. Jika hal ini terus berlanjut, dapat berdampak pada PAD Garut. Oleh karena itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut harus mempromosikan objek wisata Pantai Santolo menggunakan Bauran Promosi. Bauran promosi merupakan kombinasi dari berbagai alat promosi yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, dan pemasaran langsung. Dalam konteks pengembangan pariwisata, strategi bauran promosi yang efektif menjadi faktor penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendukung perkembangan ekonomi lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan bauran promosi pada Pantai Santolo Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif guna mengetahui penerapan bauran promosi pada Pantai Santolo Kabupaten Garut. Sampel berjumlah 6 orang yang diberikan sejumlah pertanyaan terkait wisata. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisa data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa elemen hubungan masyarakat dan promosi penjualan memiliki dampak signifikan dalam menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Pantai Santolo. Namun promosi yang dilakukan oleh pihak Disparbud Garut belum maksimal terutama pemasaran melalui media sosial. Selain itu terdapat beberapa hambatan lainnya dalam promosi Pantai Santolo seperti keterbatasan infrastruktur, premanisme, pemungutan liar, kurangnya integritas dengan komunitas lokal, dan aspek pemahaman digital. Hambatan ini terus diupayakan oleh Disparbud Garut untuk segera diselesaikan melalui Bauran promosi. Kata kunci: Bauran promosi, pariwisata, Pantai Santolo, strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:36
Last Modified: 06 Sep 2024 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69800

Actions (login required)

View Item View Item