Lesmana, Indra (2024) BAURAN PROMOSI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN GARUT (STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI SANTOLO). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi yang terus berkembang, dan memberikan kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pantai Santolo merupakan wisata di Garut yang saat ini mengalami penurunan pengunjung. Jika hal ini terus berlanjut, dapat berdampak pada PAD Garut. Oleh karena itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut harus mempromosikan objek wisata Pantai Santolo menggunakan Bauran Promosi. Bauran promosi merupakan kombinasi dari berbagai alat promosi yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, dan pemasaran langsung. Dalam konteks pengembangan pariwisata, strategi bauran promosi yang efektif menjadi faktor penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendukung perkembangan ekonomi lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan bauran promosi pada Pantai Santolo Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif guna mengetahui penerapan bauran promosi pada Pantai Santolo Kabupaten Garut. Sampel berjumlah 6 orang yang diberikan sejumlah pertanyaan terkait wisata. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisa data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa elemen hubungan masyarakat dan promosi penjualan memiliki dampak signifikan dalam menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Pantai Santolo. Namun promosi yang dilakukan oleh pihak Disparbud Garut belum maksimal terutama pemasaran melalui media sosial. Selain itu terdapat beberapa hambatan lainnya dalam promosi Pantai Santolo seperti keterbatasan infrastruktur, premanisme, pemungutan liar, kurangnya integritas dengan komunitas lokal, dan aspek pemahaman digital. Hambatan ini terus diupayakan oleh Disparbud Garut untuk segera diselesaikan melalui Bauran promosi. Kata kunci: Bauran promosi, pariwisata, Pantai Santolo, strategi pemasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:36 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69800 |
Actions (login required)
View Item |