PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI MPLB 3 di SMK Bina Wisata Lembang Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)

Dwitama Adisti, 205020035 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI MPLB 3 di SMK Bina Wisata Lembang Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan di SMK Bina Wisata Lembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Bina Wisata Lembang, tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MPLB 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MPLB 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan studi Quasi Eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dimana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 54,25 dan skor posttest yaitu 86,06, sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 46,31 dan skor posttest yaitu 59,71. Meningkatnya kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan meningkat sebesar 31,80 pada siswa kelas XI MPLB 3 tahun ajaran 2023/2024 di SMK Bina Wisata Lembang. Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:28
Last Modified: 06 Sep 2024 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69799

Actions (login required)

View Item View Item