SAMSUDIN REVI ASRILIA, 205030038 (2024) PENERAPAN METODE SHOW NOT TELL BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI BISU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA PEMILIHAN DIKSI PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
13. Bab II.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilandaskan permasalahan peserta didik yang tidak mampu menulis puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan menerapkan metode show not tell berbantuan media film animasi bisu dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi berorientasi pada pemilihan diksi; untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi berorientasi pemilihan diksi menerapkan show not tell berbantuan media film animasi bisu; untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pembelajaran keterampilan menulis puisi berorientasi diksi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; untuk mengetahui keefektifan metode show not tell berbantuan media film animasi bisu. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi. Hasil membuktikan jika penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran keterampilan menulis puisi berorientasi pada pemilihan diksi menerapkan metode show not tell berbantuan media film animasi bisu. Ini dibuktikan oleh nilai rata-rata pelaksanaan dan perencanaan untuk kelas eksperimen sebesar 3,7 dan 3,6. Kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan baik sebelum maupun setelah pembelajaran, dengan rata-rata pretes sebesar 47,03 dan rata-rata postes sebesar 80,16. Uji paired t-test, dengan nilai sig (2 tailed) yaitu 0,000 < 0,005, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh. Uji independent t-test dengan nilai sig (2 tailed) yaitu 0,025 < 0,005 membuktikan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol berbeda. Hasil postes untuk kelas eksperimen sejumlah 80,16, sedangkan kelas kontrol sejumlah 76,72. Keefektifan metode show not tell berbantuan media film animasi bisu dibuktikan melalui uji n-gain t-test sebesar 63 > 56, maka termasuk kategori cukup efektif. Kata Kunci: Menulis Puisi, Metode Show Not Tell, Media Film Animasi Bisu
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69736 |
Actions (login required)
View Item |