GAYA HIDUP PENGGUNA IPHONE DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNPAS

Nurrahman, Muhamad Arif (2024) GAYA HIDUP PENGGUNA IPHONE DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNPAS. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Fenomena penggunaan iPhone di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas Unpas menjadi sebuah gaya hidup, dimana pilihan gadget tidak hanya berdasarkan fungsionalitas tetapi juga sebagai simbol status sosial. Gaya hidup ini didorong oleh keinginan untuk memperoleh pengakuan dan penerimaan sosial terkait nilai-nilai modernitas, kemewahan, dan eksklusivitas. Penelitian bertujuan untuk memahami motif, tindakan, dan makna penggunaan iPhone sebagai gaya hidup di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuliatitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengetahui bagaimana individu memahami, menginterpretasikan, dan memberikan makna terhadap fenomena yang mereka alami. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan 7 informan dan 1 informan ahli. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif utama mahasiswa dalam memilih iPhone meliputi faktor-faktor seperti reputasi merek, kegunaan fitur, dan integrasi dengan kebutuhan akademik. Selain itu, penggunaan iPhone juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebiasaan sosial mahasiswa, seperti penggunaan kamera untuk kegiatan akademik dan sosial media. iPhone juga dipandang sebagai simbol status yang memengaruhi presepsi diri dan identitas mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memahami dinamika konsumen dan faktor psikologis yang mempengaruhi preferensi merek, serta dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari dan kesejahteraan individu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman teoritis dalam bidang studi komunikasi, konsumerisme, dan psikologi sosial. Kata Kunci: Gaya Hidup, iPhone, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:49
Last Modified: 03 Sep 2024 01:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69695

Actions (login required)

View Item View Item