Herlistiandar, Melinda,205060188 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian di SD Negeri Rahayu 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan pendidik dalam melakukan proses pembelajaran, serta kurangnya kompetensi yang dimiliki pendidik sehingga tidak dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS, dan menganalisis pengaruh media pembelajaran video animasi interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rahayu 01. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Instrumen tes ini diujicobakan kepada kelas V yang memperoleh hasil 20 butir soal yang valid dan akan digunakan untuk soal pretest dan posttest. Objek yang digunakan adalah kelas IV, dimana kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video animasi interaktif dan kelas IV A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Tes terdiri dari pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah mendapatkan data, maka peneliti melakukan analisis data dengan menghitung hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 27 dan menghitung effect size. Berdasarkan di kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video animasi interaktif lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan pengaruh media pembelajaran video animasi interaktif terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar pada mata Pelajaran IPAS berkategori besar yaitu dengan nilai 80,96. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi Interaktif, Hasil Belajar IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:31 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69692 |
Actions (login required)
View Item |