Asmanah, Dzulkhaidah Fuji,205020029 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN METODE THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (834kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan komunikasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan metode Think Talk Write pada mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024, terdiri dari 2 kelas yaitu X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan komunikasi siswa dimana pada kelas eksperimen dengan skor Pre-Test yaitu 58,9 dan skor Post-Test yaitu 82,1. Adapun hasil penelitian kelas kontrol terdapat peningkatan keterampilan komunikasi siswa dimana skor Pre-Test yaitu 54,1 dan skor Post-Test yaitu 68,1. Berdasarkan uji Paired Sample Test keterampilan komunikasi siswa pada kelas eksperimen meningkat sebesar 23,25 lebih besar dari peningkatan keterampilan komunikasi kelas kontrol sebesar 14,03. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada guru hendaknya lebih aktif dalam memberikan pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan model pembelajaran yang bervariatif. Bagi siswa diharapkan menumbuhkan keinginan yang tinggi pada saat proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya penulis berharap dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dan juga diharapkan dapat mencoba model pembelajaran lainnya untuk meingkatkan kualitas belajar siswa terutama dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Think Talk Write, Keterampilan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 08:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69662 |
Actions (login required)
View Item |