“EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA” (Quasi Eksperimen Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 12 Bandung)

Kurniawan Hananthya Firdhayanti, 205010027 (2024) “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA” (Quasi Eksperimen Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 12 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER DEPAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji hubungan sebab-akibat dari penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 12 Bandung dengan populasi kelas X dan sampel kelas X-3 sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelompok kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “non equivalent control group pre-test and post-test”. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) dengan model problem based learning. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tulis pretest dan postest dan non tes yaitu berupa angket. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji one sampel t test dengan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diartikan bahwa dalam proses pembelajarannya penggunaan model pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X. Efektivitas pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 12 Bandung menunjukkan kualifikasi yang baik dengan nilai diatas 3,00 hal ini berdasarkan rata-rata nilai skor jawaban responden yang artinya peserta didik secara umum menyukai pembelajaran kontekstual, karena peserta didik dapat lebih aktif berdiskusi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Kontekstual (CTL), Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:17
Last Modified: 30 Aug 2024 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69657

Actions (login required)

View Item View Item