PENGARUH MODEL PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN APLIKASI RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Metode Quasi Eksperiment Pada Pembelajaran Siswa Kelas II SDN Dayeuhkolot 02)

Indraswari, Irfa,205060138 (2024) PENGARUH MODEL PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN APLIKASI RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Metode Quasi Eksperiment Pada Pembelajaran Siswa Kelas II SDN Dayeuhkolot 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini terkait pembelajaran bahasa Indonesia bahwa masih terdapat banyak peserta didik di SD dalam kemampuan menceritakan kembali pembelajaran menyimak cerita dongeng masih tergolong rendah. Salah satu masalah yang sering dihadapi siswa di sekolah dasar adalah rendahnya keterampilan mendengarkan. Oleh karena itu, siswa kesulitan memahami mata pelajaran yang diajarkan guru selama proses pembelajaran. Pembelajaran bahasa Indonesia juga merupakan sesuatu hal yang penting untuk diajarkan di sekolah dasar, karena pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu inti dari semua kurikulum yang mencakup empat bagian kemampuan berbahasa yang saling berkaitan, yaitu kemampuan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Paired Storytelling dengan bantuan aplikasi Riri Cerita Anak Interaktif terhadap peningkatan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dan dilakukan di SDN Dayeuhkolot 02. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas II di sekolah tersebut, dengan total 44 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dimana kelas II-A dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas II-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest serta observasi. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS Statistic 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Paired Storytelling dengan bantuan aplikasi Riri Cerita Anak Interaktif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menyimak dongeng siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis Independent Sample t-Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,20, yang diinterpretasikan sebagai efek yang sangat tinggi. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,54 atau 54%, yang dikategorikan sebagai peningkatan sedang, sementara kelas kontrol hanya mencapai N-Gain sebesar 0,12 atau 12%, yang dikategorikan sebagai peningkatan rendah. Selain itu, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,39, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata 70,86. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Paired Storytelling dengan bantuan aplikasi Riri Cerita Anak Interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Paired Storytelling, Keterampilan Menyimak Dongeng

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:17
Last Modified: 28 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69623

Actions (login required)

View Item View Item