KUSTIWA SHALWA SHIFA, 205020037 (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (Survei Pada Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 17 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.docx.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
CamScanner 26-08-2024 11.55.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.docx.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
BAB III.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) kondisi lingkungan belajar siswa di sekolah (ii) pemanfaatan fasilitas belajar (iii) tingkat motivasi belajar siswa di sekolah (iv) pengaruh lingkungan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di sekolah pada siswa di sekolah (v) pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada siswa di sekolah (vi) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada siswa di sekolah kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 17 Bandung. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan instrumen angket dengan sampel sebanyak 184 siswa. Hasil penelitian menunjukan: (i) kondisi lingkungan belajar di sekolah dalam kategori "Baik" dengan skor rata-rata 3,88 (ii) pemanfaatan fasilitas belajar dalam kategori "Baik" dengan skor rata-rata 3,63 (iii) tingkat motivasi belajar di sekolah dalam kategori "Cukup Baik" dengan skor rata-rata 3,48 (iv) hasil perhitungan R Square sebesar 53,6%, lingkungan belajar di sekolah dan pemafaatan fasilitas belajar memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar di sekolah (v) hasil perhitungan sumbangan efektif lingkungan belajar disekolah memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa di sekolah sebesar 20,26% (vi) hasil perhitungan sumbangan efektif pemanfaatan fasilitas belajar memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa di sekolah sebesar 33,5 %. Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran: (i) bagi guru diharapkan memiliki strategi meningkatkan motivasi belajar yang mampu membuat siswa merasa senang dalam kegiatan pembelajaran (ii) bagi siswa diharapkan lebih meningkatkan motivasi dalam kegiatan belajarnya (iii) bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperluas penelitiannya pada variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di sekolah. Kata Kunci: Lingkungan Belajar di Sekolah, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar di Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:38 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69615 |
Actions (login required)
View Item |