Rizawanti, Sri Rahayu,205060152 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMABAR PENGESAHAN.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan penguasaan terhadap sejumlah materi pembelajaran. Pemahaman konsep yang rendah akan menghambat keberhasilan peserta didik dalam memahami materi selanjutnya pada jenjang yang lebih tinggi. Discovery learning adalah suatu metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan serta menarik kesimpulan yang mereka dapatkan melalui prinsip – prinsip umum praktis seperti pengalaman. Media animasi merupakan sekumpulan gambar yang dapat bergerak kemudian berpindah posisi serta memiliki suara dan warna yang kemudian dapat diproyeksikan. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah uji hipotesis diketahui nilai dengan sig. (2-tailed) adalah < 0,001 < 0,05, dengan ketentuan jika sig < 0,05 H diterima, maka model discovery learning berbantuan media animasi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kemudian hasil hitungan cohen d’effect size diperoleh hasil yang signifikan pengaruh dari penggunaan model discovery learning untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dengan hasil dari data d adalah 3,137 yang masuk pada kategori besar karena lebih dari nilai > 1,00. Selanjutnya hasil uji N-Gain Score pada kelas eksperimen didapatkan hasil rata – rata dengan nilai 61,6% maka penggunaan model discovery learning cukup efektif. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitiam pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci : Pemahaman konsep, discovery learning, media animasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69609 |
Actions (login required)
View Item |