Kartika Nia Ayu, 205060146 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 239 Cigondewah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
10. Ringkesan.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning dalam pembelajaran matematika pada topik pembelajaran bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 239 Cigondewah. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN 239 Cigondewah yang hasil belajarnya rendah didalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan model konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model problem based learning belum pernah dilaksanakan. Dengan Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji paired sample t test.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 239 Cigondewah yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan kelas konvensional didasarkan pada hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,00< 0,05. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 239 Cigondewah berdasarkan hasil uji paired sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69507 |
Actions (login required)
View Item |