PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

FARLINA HIKMAH, 205020001 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 HIKMAH.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 HIKMAH.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 HIKMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB 4 HIKMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB 5 HIKMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA HIKMAH.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran Pasar Modal dan OJK dalam mata pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah menggunakan model Discovery Learning (DL), bagaimana perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran Pasar Modal dan OJK dalam mata pelajaran ekonomi dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung, serta bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah menerapkan model Discovery Learning pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain nonequipalent control. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery Learning 53,66 dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning 86,75. Kelompok kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran langsung 58,22 dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung 69,76. Adapun peningkatan yang diperoleh kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dengan mean 33,09 lebih dari peningkatan kemampuan berpikir kritis kelompok kontrol 11,54. Sebagai akhir penelitian penulis menyarankan saran kepada guru sebagai bahan evaluasi pendidikan untuk membangkitkan model pembelajaran inovatif. Bagi kepala sekolah diharapkan menetapkan kebijakan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Bagi siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Discovery Learning. Bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi untuk penelitian sejenis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:54
Last Modified: 06 Aug 2024 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69474

Actions (login required)

View Item View Item