PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

SASMITHA NURUL, 205050009 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkesan.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dan kemandirian belajar masih rendah, sehingga penerapan model problem-based learning berbantuan GeoGebra menjadi alternatif yang dapat digunakan dalam kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model problem-based learning berbatuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) Mengetahui kemandirian belajar siswa yang menggunakan model problem-based learning berbatuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 3) Mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan model problem-based learning berbatuan GeoGebra. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak dua kelas dengan sampel 60 siswa, yaitu 30 siswa dari kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik dari kelas XI-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis matematis dan angket kemandirian belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji kesamaan dua rerata, perbedaan dua rerata dan analisis korelalsi diolah menggunakan software IBM SPSS 23,0 for Windows. Hasil penelitian didapatkan peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model problembased learning berbatuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Model Problem-Based Learning, GeoGebra.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:41
Last Modified: 01 Aug 2024 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69450

Actions (login required)

View Item View Item