ASTANTI BERLINA, 205050041 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
9. Ringkesan.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model biasa. (2) Untuk mengetahui Self-regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model biasa. (3) Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan Selfregulated Learning peserta yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall. (4) Mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain desain non-equivalent control group. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 17 Bandung dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-J sebagai kelas eksperimen dan kelas X-G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes angket self-regulated learning. Analisis data menggunakan IBM SPSS 27 for Windows. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA melalui model ProblemBased Learning (PBL) berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) Self-regulated Learning siswa SMA melalui model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh pelajaran biasa. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-regulated Learning melalui model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall. (4) Model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall memiliki efektifitas terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori besar. Kata Kunci: Model Problem-Based Learning(PBL), Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:37 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69412 |
Actions (login required)
View Item |