PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EVALUASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Sumatra 40 Bandung)

MAULANA, HASYBI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EVALUASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Sumatra 40 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan dan Penguji Skripsi .pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sumatra 40 Bandung dengan melibatkan 2 kelas yaitu X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model problem based learning berbantuan evaluasi wordwall dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah lembar pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanaan model pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan hasil terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yaitu skor pretestsebesar 49.03 dan skor posttest sebesar 78,77, terjadi peningkatan sebesar 29,74. Sedangkan pada kelas kontrol skor pretest sebesar 46,53 dan skor posttest sebesar 60,47, terjadi peningkatan sebesar 13,93. Sementara untuk keterlaksaan model problem based learning pada kelas eksperimen yang dimulai dari orientasi masalah kepada peserta, mengorganisasikan peserta didik dalam penyelidikan, pelaksanaan investigasi/penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil investigasi/diskusi, dan menganalisis dan mengevaluasi proses penyelidikan/diskusi telah terlaksana sesuai dengan rancangan pembelajaran yang tercantum pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini membuahkan hasil yang dapat memberikan manfaat pada stakeholders yaitu guru dapat memanfaatkan model pembelajaran dan media wordwall di kelas untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bagi kepala sekolah dapat memberikan kebijakan dan arahan mengenai skema pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas oleh para guru. Bagi siswa dapat turut lebih aktif mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan pembaharuan terhadap penelitian yang sudah diteliti. Kata Kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:41
Last Modified: 27 Jul 2024 05:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69400

Actions (login required)

View Item View Item