PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Kartika XIX – 1 Bandung Materi Indeks Harga Mata Pelajaran Ekonomi)

SILVIANI, NUR,205020047 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Kartika XIX – 1 Bandung Materi Indeks Harga Mata Pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER NUR SILVI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 NUR SILVI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 NUR SILVI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 NUR SILVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB 4 NUR SILVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
BAB 5 NUR SILVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA NUR SILVI.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu permasalahan yaitu pemahaman siswa dalam memahami makna soal, keaktifan siswa serta hasil belajar siswa yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan metode pembelajaran make a match serta melihat peningkatannya. Subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI IPS di SMA Kartika XIX-1 Bandung, tahun ajaran 2023/2024 yang tediri dari kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes terdiri dari pretest dan posttest serta dokumentasi, menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group serta pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan metode pembelajaran make a match sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen yaitu sebesar 36,4 % dan pada kelas kontrol sebesar 29%, nilai N-gain kedua kelas tersebut berada pada kriteria sedang. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-t sebagai pengujian hipotesis pada posttest mengahasilkan nilai probabilitas signifikan. Penelitian ini memberikan saran kepada kepala sekolah yaitu dapat mengevaluasi proses pembelajaran dan mengarahkan guru untuk menerapkan model pembelajaran, bagi guru yaitu dapat menerapkan problem based learning berbantuan make a match dalam proses pembelajaran, bagi siswa yaitu selalu aktif dalam proses pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat mengembangkan penelitian dengan topik yang sama. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar..

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:26
Last Modified: 27 Jul 2024 05:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69399

Actions (login required)

View Item View Item