Nurhaliza, Sindy (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA ILMIAH BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE F SMA AL FALAH BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (485kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis teks karya ilmiah. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama selain itu peserta didik juga kurang bisa menuangkan idenya. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model Project Based Learning bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks karya ilmiah. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks karya ilmiah dengan penerapan model Project Based Learning. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMA Al Falah Bandung, diantaranya kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 47,5 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 87,2 dengan persentase kenaikan sebesar 83,5%. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 42 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 62,4 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 48,5%. Dilihat dari data nilai rata-rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas eksperimen lebih mampu menulis teks karya ilmiah dengan penerapan model Project Based Learning. Selain itu, melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan persentase perbedaan sebesar 39,7%. Kata Kunci: Menulis, Project Based Learning, Teks Karya Ilmiah,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69397 |
Actions (login required)
View Item |