PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL YANG BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL MOODY BERBANTUAN APLIKASI POWTOON PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 35 BANDUNG

Ardika Dila, 205030076 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL YANG BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL MOODY BERBANTUAN APLIKASI POWTOON PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 35 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari dari pemilihan model dan media yang kurang kreatif dan inovatif pada pembelajaran menulis teks fabel sehingga peserta didik merasa bosan dan sulit dalam kegiatan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran menulis teks fabel dengan model moody berbantuan aplikasi powtoon pada peserta didik kelas VII SMPN 35 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimen dan desain true eksperimental pretest-posttest control grup design, dan subjek penelitian terdiri dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukan 1) penulis mampu merencanakan dan melaksankan pembelajaran menulis teks fabel, dibuktikan skor yang diperoleh sebesar 3,55 dan 3,54 dengan kategori sangat baik, 2) kemampuan peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan belum mencapai kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan total rata-rata yang diperoleh sebesar 57,15, 3) kemampuan peserta didik sesudah mendapatkan perlakuan menggunakan model moody berbantuan aplikasi powtoon menglami peningkatan yang signifikan dengan dibuktikan hasil uji Wilcoxon menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05, 4) model moody berbantuan aplikasi powtoon efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks fabel dengan dibuktikan pemerolehan nilai uji maan whitney menunjukan nilai Asymp. Sig (2 tailed) yakni 0,00, < 0,05., yang artinya model moody berbantuan aplikasi powtoon lebih efektif digunakan dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci: Pembelajaran menulis teks fabel, model moody, media pembelajaran powtoon

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:57
Last Modified: 19 Jul 2024 07:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69344

Actions (login required)

View Item View Item