PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

ERLITA ETA, 205060034 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji terdapat perbedaan dan sebesar apa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS peserta didik SDN 032 Tilil. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen (quasi experimental). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi guru dan peserta didik dan menggunakan instrumen Pretest dan Posttest berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan pada hasil uji Independent Sample T-Test bahwa signifikansi 0,000, nilai mean atau nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah sebesar 79,68, sedangkan nilai mean atau rata-rata posttest di kelas kontrol adalah sebesar 59,40. Berdasarkan uji Independent Sample Test menunjukkan angka 0,000<0,05 dan hasil uji effect size sebesar 1,35. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media audio visual. Serta dengan hasil uji effect size sebesar 1,35 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media audio visual berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik di SDN 032 Tilil. Kata kunci : Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:24
Last Modified: 18 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69335

Actions (login required)

View Item View Item