ERLITA ETA, 205060034 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji terdapat perbedaan dan sebesar apa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS peserta didik SDN 032 Tilil. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen (quasi experimental). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi guru dan peserta didik dan menggunakan instrumen Pretest dan Posttest berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan pada hasil uji Independent Sample T-Test bahwa signifikansi 0,000, nilai mean atau nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah sebesar 79,68, sedangkan nilai mean atau rata-rata posttest di kelas kontrol adalah sebesar 59,40. Berdasarkan uji Independent Sample Test menunjukkan angka 0,000<0,05 dan hasil uji effect size sebesar 1,35. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media audio visual. Serta dengan hasil uji effect size sebesar 1,35 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media audio visual berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik di SDN 032 Tilil. Kata kunci : Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil belajar, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69335 |
Actions (login required)
View Item |