CRISTINA HANY, 205060002 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas V SDN 042 Gambir). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (398kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendanya hasil belajar IPAS peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pembelajaran pada model project based learning berbantuan media kahoot dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model project based learning berbantuan media kahoot dengan peserta didik model pembelajaran konvensional, peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model project based learning berbantuan media kahoot dengan peserta didik model pembelajaran konvensional, dan pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan media kahoot terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 042 gambir. Kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut diberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan gambaran pembelajaran model project based learning berbantuan media kahoot dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan. Nilai signifikansi menggunakan uji independent sample t test (Uji T) terhadap nilai pretest sebesar 0,236 dan posttest sebesar 0,002. Hasil uji gain ternormalisasi sebesar 45% pada kelas eksperimen dan 31% pada kelas kontrol. Uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,94. Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu proses pembelajaran pada model project based learning berbantuan media kahoot berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada data posttest yang menunjukkan rata-rata hasil belajar lebih tinggi di kelas model project based learning berbantuan media kahoot, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas model project based learning berbantuan media kahoot dengan kelas model pembelajaran konvensional yang mana peningkatan hasil belajar lebih tinggi di kelas model project based learning berbantuan media kahoot dan model project based learning berbantuan media kahoot berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar IPAS, Kahoot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69331 |
Actions (login required)
View Item |