PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

SEPTIANY NOVA, 205060120 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan di SD Negeri Pancasila menggunakan model konvensional, sehingga siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dihasilkan oleh siswa rendah. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi masih kurang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi canva. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pancasila yang terdiri dari 2 kelas, kelas V.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakna model project based learning berbantuan aplikasi canva dan kelas V.3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil pretest dan posttest serta lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji mann whitney u dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, model project based learning berbantuan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pancasila. Pernyataan ini ditunjukan dari hasil uji mann withney u diperoleh nilai sebesar 0,002 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model project based learning. Uji effect size menunjukan hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model project based learning memiliki pengaruh yang sangat tinggi dengan data yang diperoleh sebesar 1,41. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Aplikasi Canva, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:19
Last Modified: 17 Jul 2024 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69326

Actions (login required)

View Item View Item