SEPTIANY NOVA, 205060120 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan di SD Negeri Pancasila menggunakan model konvensional, sehingga siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dihasilkan oleh siswa rendah. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi masih kurang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi canva. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pancasila yang terdiri dari 2 kelas, kelas V.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakna model project based learning berbantuan aplikasi canva dan kelas V.3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil pretest dan posttest serta lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji mann whitney u dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, model project based learning berbantuan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pancasila. Pernyataan ini ditunjukan dari hasil uji mann withney u diperoleh nilai sebesar 0,002 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model project based learning. Uji effect size menunjukan hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model project based learning memiliki pengaruh yang sangat tinggi dengan data yang diperoleh sebesar 1,41. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Aplikasi Canva, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:19 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69326 |
Actions (login required)
View Item |