PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Nadzifah Prischilia Nida, 205060117 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penerapan model pembelajaran dapat berdampak pada hasil belajar IPAS yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN Sekepeuris 02. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang kelas IV SDN Sekepeuris 02 yang berjumlah 97 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 58 orang. Adapun dua jenis kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen sebanyak 29 orang dan kelompok kontrol sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis tes yaitu instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes terdiri atas tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan instrumen tes terdiri atas lembar observasi (bagi siswa dan guru) dan dokumentasi. Instrumen tes tersebut telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk, Levene Statistics dan Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan pengolahan dan analisis data ditemukan terdapat uji hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model problem based learning berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 SDN Sekepeuris 02. Selanjutnya berdasarkan effect size ditemukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan video terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN Sekepeuris 02 sebesar 0,58 yang berkategori besar atau berpengaruh dalam hasil belajar siswa kelas 4 SDN Sekepeuris 2. Kata Kunci: Learning Outcomes, Problem Based Learning, Video Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:53
Last Modified: 16 Jul 2024 08:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69319

Actions (login required)

View Item View Item