PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD

RIA WINE DWI, 205060060 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya pencapaian hasil belajar matematika peserta didik karena kesulitan membedakan dan mengenali bangun datar, serta kebosanan akibat pembelajaran yang berpusat pada guru. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran menawarkan inovasi dan aksesibilitas yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eskperiment dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas III SDN 151 Sukasenang, Bandung dengan 31 peserta didik kelas III A (kontrol) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan 28 peserta didik kelas III B (eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Wordwall. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah bentuk uji soal pretest, posttest, lembar observasi dan dianalisis dengan Uji NGain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann Whitney, dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah antara kelas kontrol dan eksperimen dengan hasil penelitian yaitu 37% dengan kategori kurang efektif, namun terdapat pengaruh besar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan aplikasi Wordwall yaitu dengan hasil dari hasil uji Mann Whitney yaitu 0.001 0.05 yang berarti h ditolak dan uji Effect Size yaitu 0.962 0.5 dengan effect besar. Kata Kunci: problem-based learning, kemampuan pemecahan masalah matetika, wordwall, peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:08
Last Modified: 26 Sep 2024 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69317

Actions (login required)

View Item View Item