KAMPANYE SOSIAL BAHAYA MINUMAN KERAS OPLOSAN BAGI KEHIDUPAN REMAJA. Arif Mulyawan: 176010023

Arif Mulyawan, Tata Kartasudjana,. M.Ds dan Boy Irwan,. S.Sn dan (2024) KAMPANYE SOSIAL BAHAYA MINUMAN KERAS OPLOSAN BAGI KEHIDUPAN REMAJA. Arif Mulyawan: 176010023. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
sampul.docx

Download (51kB)
[img] Text
awalan + abstark.docx

Download (38kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (180kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (329kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (4MB)
[img] Text
bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)
[img] Text
bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Minuman keras, atau biasa disingkat miras, merupakan minuman beralkohol yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Alkohol merupakan zat aktif dalam minuman keras, yang dapat menekan syaraf pusat. Alkohol digolongkan ke dalam Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya) karena mempunyai sifat menenangkan sistem saraf pusat, mempengaruhi fungsi tubuh maupun perilaku seseorang. Di (kota Bandung, kabupaten Bandung, kabupaten Bandung barat, dan kota Cimahi) sejak januari 2008 s/d 10 april 2018 menunjukan bahwa terdapat 130 kematian dan 55 di rawat karena konsumsi alkohol ilegal/oplosan. Angka kematian pada tahun 2018 sendiri mencapai 57 kasus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi dan wawancara, dimana prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif, berupa gambaran atau kondisi responden yang menjadi sempel dalam penelitian ini. Beberapa masalah yang di dapat maka peneliti tertarik untuk membuat kampanye sosial bahaya minuman keras oplosan bagi kehidupan remaja, dengan media utama yaitu membuat event talk show yang membahas tentang bahayanya miras oplosan dari sudut pandang kesehatan dan agama dengan pembicaranya yaitu Dr, Tirta Mandira Hudhi dan Habib Husein Ja’far Al hadar. Dari hasil penelitian yang didapat bahwa target audiens nya pun remaja dari umur 15-25 tahun, maka dari itu untuk beberapa media media pendungkung seperti poster,sosial media (instagram reels,tiktok,youtube short,feed instagram, istagram story,web),billboard xbanner dan merchandise. Kata kunci :Kesehatan tubuh, Alkohol palsu/oplosan, Kunsumsi berlebihan, Dampak sosial, Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2024
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:03
Last Modified: 15 Jul 2024 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69296

Actions (login required)

View Item View Item