HERNAWATI, 175030075 (2024) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER - Hernawati (175030075).pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pengesahan Pembimbing - Hernawati (175030075) .pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan Penguji - Hernawati (175030075) .pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK - Hernawati (175030075).pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT - Hernawati (175030075).pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN - Hernawati (175030075).pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I - Hernawati (175030075).pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II - Hernawati (175030075).pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III - Hernawati (175030075).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB IV - Hernawati (175030075).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V - Hernawati (175030075).pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
19. Daftar Pustaka - Hernawati (175030075).pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaranmenganalisisstruktur dan kebahasaan teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang dilakukan di SMA Pasundan 8 Bandung pada peserta didik kelas XI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah hingga bermuara kepada tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran, menguji adakah peningkatan kemampuan peserta didik dalam menganalisisstruktur dan kebahasaan teks eksplanasi, serta menguji efektifkah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi (lembar pengamatan), tes, dokumentasi, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penulis mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil nilai rata-rata yang penulis peroleh pada perencanaan sebesar 3,78 dan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,77. Penilaian tersebut termasuk ke dalam kategori A (Sangat Baik). (2) Peserta didik mampu dan mengalami peningkatan kemampuan dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplansi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Hal ini dibuktikan melalui perolehan hasil rata-rata pada kegiatan pascates yang mengalami peningkatan dari kegiatan prates. Hasil rata-rata nilai prates pada kelas eksperimen adalah 47,5 dan mengalami peningkatan pada kegiatan pascates menjadi 90,8. (3) Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis menggunakan uji wilcoxon yang dilakukan oleh penulis. Berdasarkan uji wilcoxon tersebut, rata-rata dari kelas eksperimen dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) memperoleh total nilai 90,85. Sedangkan rata-rata dari kelas kontrol dengan menggunakan model lecture learning memperoleh total nilai 66,00. Dibuktikan pula oleh hasil Sig (2-tailed) dari uji wilcoxon yaitu 0,000 < 0,05. Kata kunci: Pembelajaran, Menganalisis, Struktur dan Kebahasaan, Teks Ekspalanasi, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:14 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69275 |
Actions (login required)
View Item |