HABIBAH SEPTI AMELIA, 205060050 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER DEPAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika, dan menganalisis efektivitas model pembelajaran kontekstual berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan soal uraian. Intsrumen tes ini diuji cobakan kepada kelas V yang memperoleh hasil 20 butir soal yang valid dan akan dipakai untuk soal pretest dan posttest. Sampel yang digunakan adalah kelas IV, dimana kelas IVC sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan Kahoot dan kelas IVA sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Class Design. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Tes terdiri dari pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah mendapatkan data, maka peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 27 dan menghitung effect size. Berdasrkan analisis data dan pengujian hipotesisi diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan efektifitas model pembelajaran kontekstual berbantaun Kahoot terhadap hasil belajar matematika peserta didik Sekolah Dasar berkategori besar. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kontekstual, Kahoot.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:12 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69249 |
Actions (login required)
View Item |