IZATY SHOFIA RAHMATILAH, 205060073 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (523kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SDN 223 Bhakti Winaya dikarenakan siswa menganggap pelajaran matematika pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika dengan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall kelas IV. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ditunjukan kepada siswa kelas IV di SDN 223 Bhakti Winaya. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 51 siswa, pada kelas IV A berjumlah 25 siswa sedangkan kelas IV B berjumlah 26 siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvesional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah judgment kedua dosen PGSD dan satu guru diSDN 223 Bhakti Winaya, lalu uji coba instrumen kelas V SDN 223 Bhakti Winaya dan melakukan uji olah data dengan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis bantuan aplikasi SPSS versi 27. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh Hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvesional dan Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD berkategori besar. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Problem Based Learning, Wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 07:01 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69243 |
Actions (login required)
View Item |