EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 007 CIPAGANTI BANDUNG

Rukmana Muhammad Ilham, 185060060 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 007 CIPAGANTI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI[1-1].pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_dan_SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB 2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
8.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
9.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
10.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
11.Daftar pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendahnya tingkat berpikir kritis siswa kelas V di SDN 007 Cipaganti Kota Bandung di karenakan proses pembelajaran hanya sebatas guru menjelaskan serta siswa mendengarkan dan mencatat saja, model yang digunakan hanya sebatas model konvensional atau ceramah saja tidak adanya model lain yang digunakan pada saat proses pembelajaran sehingga pembelajaran cenderung membosankan serta kurangnya antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 53 siswa, sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas V A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen dengan model problem solving dengan memberikan sejumlah teks bacaan yang bersifat pemecahan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posstest, ratarata untuk kelas eksperimen dari 57,16 menjadi 85,24 sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol yang dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posstest dengan nilai dari 56,18 menjadi 79,34 dan dari hasil perhitungan uji independent sample T test trerdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan hasil sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Solving, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 May 2024 07:47
Last Modified: 16 May 2024 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69001

Actions (login required)

View Item View Item